Komputer

Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux untuk Server Aplikasi Anda

Pengembang aplikasi selalu menghadapi dilema saat memilih sistem operasi untuk server aplikasi mereka. Ada beberapa sistem operasi server yang tersedia di pasar, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sangat penting untuk mengetahui pro dan kontra dari setiap sistem operasi server sehingga administrator server dapat memilih yang terbaik sesuai dengan persyaratan. Namun, menurut tren pasar, sistem operasi server paling populer yang digunakan saat ini adalah server Linux.

Keuntungan dasar adalah biaya pemeliharaan server Linux relatif rendah. Telah diamati bahwa proses lengkap menginstal, memelihara dan mendukung server yang berjalan pada sistem operasi Linux sangat hemat biaya, yang paling diinginkan dalam aplikasi skala kecil.

Sebagian besar sistem operasi server berpemilik adalah perangkat lunak pengguna tunggal, di mana OS dapat diinstal untuk satu pengguna pada satu mesin. Di sisi lain Linux dapat diinstal pada sejumlah komputer. Selain itu, Linux dianggap sangat maju sejauh menyangkut keamanan. Oleh karena itu menginstal OS Linux untuk server Anda memiliki keuntungan tambahan yang Anda tidak perlu berinvestasi secara terpisah untuk melindungi server dari virus dan serangan jahat lainnya. Ada sangat sedikit virus yang ditulis untuk sistem operasi Linux, dan yang lebih penting, sebagian besar dari mereka disaring oleh fitur keamanan Linux.

Keuntungan lain yang paling penting dari menggunakan Linux adalah kebebasan pilihan yang diberikannya. Ini memberikan banyak pilihan kepada pengguna dalam hal alat dan aplikasi karena merupakan produk open source di mana pengembang dari seluruh dunia berkontribusi setiap hari. Akibatnya, ada banyak aplikasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk administrasi server dan aktivitas lainnya. Sebagai contoh, dalam kasus editor teks, Linux memiliki lima editor teks populer untuk dipilih.

Ketergantungan perangkat keras pada Linux relatif lebih rendah daripada sistem operasi lain karena dapat mengoptimalkan kinerja pada sistem dengan spesifikasi rendah. Bahkan ada infrastruktur tertentu yang berbasis Linux, di mana banyak thin client dapat dijalankan bersama sebagai server terdistribusi.

Keputusan akhir untuk memilih server untuk aplikasi tergantung pada persyaratan dan faktor-faktor lain seperti alat pengembangan yang akan digunakan. Namun, itu adalah keputusan yang lebih baik untuk pergi untuk server berbasis Linux karena fitur keamanan yang ditingkatkan dan kebebasan dalam tugas administrasi server.

Untuk berinteraksi dengan pengembang terbaik di sistem operasi Linux, Anda harus mengunjungi – situs web gratis untuk digunakan di mana Anda akan menemukan sumber daya yang luas dalam bentuk artikel, blog, pertanyaan, dan solusi!

Sumber Artikel: